H. Aruman Pelopori Usaha Penggemukan Sapi di Gontor Putri 1

29 Januari 2019 Posted by
H. Aruman Pelopori Usaha Penggemukan Sapi di Gontor Putri 1
Pimpinan Pondok Modern Gontor, KH Hasan Abdullah, mengapresiasi usaha penggemukan sapi di Kampus Gontor Putri 1 Mantingan yang diinisiasi oleh Alumni Gontor.

URBANESIA.CO.ID – Salah satu ketua FORBIS IKPM Gontor, H. Aruman memolopori usaha ternak penggemukan sapi di Kampus Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 yang terletak di Mantingan, Ngawi, Jawa Timur.

Kegiatan usaha penggemukan sapi ini sudah dimulai sejak sekitar tiga bulan yang lalu. Saat ini sudah ada 21 ekor sapi diternak di kandang yang letaknya di sekitar area kampus Gontor Putri 1.

“Ide awalnya berasal dari obrolan dengan Bapak Pimpinan Pondok tentang salah satu usaha saya yakni penggemukan sapi di Kuningan. Keberhasilan ternak sapi di Kuningan lalu dijadikan dasar untuk melakukan hal yang sama di Gontor Putri,” kata Ustadz Aruman.

Menurut Ustadz Aruman, Area Kampus Gontor Putri 1 yang luasnya lebih 100 hektare sangat representatif dijadikan lahan penggemukan sapi. 

Selain arealnya yang luas dan belum terpakai semuanya buat kegiatan belajar dan mengajar santri Gontor Putri, ada banyak pakan tersedia di lokasi tersebut.

“Sarana di Gontor Putri 1 sangat memadai, disana sangat mudah untuk mendapatkan rumput dan kandang sapinya juga representatif,” ujar Ustadz Aruman. 

Dari 21 ekor sapi ini, Ustadz Aruman kedepannya mentargetkan 100 ekor sapi. “Sapi-sapi ini nantinya untuk memenuhi kebutuhan daging di Gontor Putri 1, 2 dan 3 terutama saat Idul Adha,” kata Ustadz Aruman.

Jenis-jenis sapi yang saat ini diternak di Gontor Putri 1 antara lain jenis sapi; Limosin, Simental, Brangus, Crossingan dan Brahma.

Pimpinan Pondok Modern Gontor, KH Hasan Abdullah, langsung mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Alumni Gontor ini dengan melakukan kunjungan langsung ke lokasi peternakan, Selasa (29/1/2019).

"Hari ini saya senang sekali pakai banget, bisa keliling melihat sapi, ikan dan lain-lainnya, ini dari kita dan untuk kita. Ini Khizanatullah, Panja Jangka Pondok terus berjalan," kata KH Hasan Abdullah Sahal yang mengunjungi lokasi peternakan ditemani Ibu Hasan Abdullah Sahal.

Sementara itu Ketua Umum FORBIS IKPM Gontor, Ustadz Agus Maulana, menyampaikan sebuah ide, yang dilakukan oleh Ustadz Aruman ini bisa diperlus ke Pondok-Pondok Pesantren Alumni Gontor lainnya.

“Ini terobosan yang bagus dan bisa jadi sinyal buat seluruh Pondok Alumni Gontor untuk bikin FORBIS Sapi Camp,” kata Ustadz Agus Maulana. 

Waktu Shalat Hari ini, 18 Agustus 2019

Subuh

-

Dhuha

-

Dzuhur

-

Ashar

-

Maghrib

-

Isya

-